8 Tips Merawat Persahabatan ala RIYO NO1

8 Tips Merawat Persahabatan ala RIYO NO1
1. Niatkan bersaudara karena Allah “Jika salah seorang di antara kalian mencintai saudaranya hendaklah dia memberitahu saudaranya itu bahwa dia mencintainya.” (HR. Bukhari dalam Adabul Mufrod no. 421/542, shahih kata Syaikh Al Albani)
Persahabatan ini akan hidup meski raga telah berselimutkan tanah, disebabkan oleh anak cucu kita yang akan setia menyambungkan silaturahmi.
2. Saling mendoakan kebaikan di dunia dan akhirat Dari Abu Bakar Ash Shidiq radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata, “Sesungguhnya do’a seseorang kepada saudaranya karena Allah adalah do’a yang mustajab (terkabulkan).“
Dan saat kita mendoakan saudara kita, maka malaikat pun ikut mendoakan kebaikan untuk kita. 
3. Saling berkunjung sebagai bukti kecintaan 
Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Barang siapa yang ingin dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi”. [Muttafaqun ‘alaihi].
Saling berkunjung adalah adab mulia yang mendatangkan cinta, karena si penjamu tamu akan merasa selalu diingat dan dihargai, begitu juga bagi si tamu, akan merasa bahagia telah berbagi kebahagiaan. Salah seorang dokter (teman UAS)  mengatakan salah satu obat penyakit kronis adalah silaturahmi.
4. Memberi Hadiah untuk saling menguatkan “Salinglah memberi hadiah, maka kalian akan saling mencintai.” (HR. Bukhari dalam Al-Adab Al-Mufrod, no. 594. Hadits ini dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam Al-Irwa’, no. 1601. Syaikh Musthofa Al-‘Adawi dalam catatan kaki Fiqh Al-Akhlaq menyatakan bahwa sanad haditsnya hasan dengan syawahidnya)
5. Saling menasehati dalam kebaikan  Merupakan salah satu hak sesama muslim, “Apabila engkau dimintai nasihat, berilah nasihat kepadanya”, maksudnya adalah meminta nasihat, yaitu meminta agar diberikan kebaikan kepada yang diberi nasihat baik perkataan maupun perbuatan.
6. Saling membantu jika sahabat ada masalah Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang melapangkan satu kesusahan dunia dari seorang Mukmin, maka Allâh melapangkan darinya satu kesusahan di hari Kiamat. Barangsiapa memudahkan (urusan) orang yang kesulitan (dalam masalah hutang), maka Allâh Azza wa Jalla memudahkan baginya (dari kesulitan) di dunia dan akhirat.”
7. Sempatkan santai dan sejenak rehat dari hiruk pikuk kesibukan sehari – hari
“Dan karena rahmatNya, Dia jadikan untukmu malam dan siang, supaya kamu beristirahat pada malam itu dan supaya kamu mencari sebagian dari karuniaNya (pada siang hari) dan supaya kamu bersyukur”. [Al Qashahs: 73].
8. Saling memaafkan jika ada yang berbuat salah
Allah, Tuhan jagat raya memaafkan hamba-hambanya. Maka, kita sebagai hambanya tidaklah pantas jika enggan memberi manfaat.
“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.” (Surah Al-Imron ayat 133-134).

0

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *